The use of a Classroom Blog in Teaching Writing in Senior High Schools

Sari, Bella Novita (2016) The use of a Classroom Blog in Teaching Writing in Senior High Schools. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_BELLA_NOVITA_SARI_1100939_2699_2016.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang penggunaan Classroom Blog sebagai strategi pengajaran dalam menulis yang difokuskan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya mengalami kesulitan dalam menulis. Hal ini disebabkan karena siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kesulitan mencari ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Tidak adanya aktivitas dan media pembelajaran yang menuntun dan memotivasi siswa untuk menyusun ide-ide tersebut juga menjadi penghalang dalam menulis. Maka dari itu makalah ini mengusulkan penggunaan Classroom Blog untuk membantu siswa mengumpulkan ide-ide dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis. Classroom Blog adalah salah satu strategi online yang difokuskan pada kegiatan membaca dan menulis. Classroom Blog bisa ditambahkan dengan gambar-gambar yang menarik sehingga siswa akan termotivasi untuk menulis. Dalam strategi ini guru dan siswa harus mempunyai akun blog agar dapat berpastisipasi dalam kegiatan classroom blog. Kemudian guru menyediakan materi pelajaran didalam blog agar bisa diakses oleh siswa. Berdasarkan materi yang telah diberikan siswa menulis sendiri teks recount yang nantinya akan dikomentari oleh teman sekelas dan guru. Melalui strategi ini, siswa dapat mengembangkan serta melatih kemampuan menulis mereka, karena Classroom Blog merupakan pembelajaran yang menarik dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:22
Last Modified: 17 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item