Asnidewita, Asnidewita (2015) An Analysis of Questions and Feedbacks of Teacher’s Talk in Classroom Activities of SMPN 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
3_A_ASNIDEWITA_1100954_4501_2015.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat jenis pertanyaan dan timbal balik yang digunakan oleh guru di dalam kegiatan kelas. Sumber data dari penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Inggris SMPN 1 Enam Lingkung. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi dan rekaman video. Dalam observasi, peneliti merekam proses belajar mengajar dengan menggunakan kamera video. Hasil rekaman ini ditranskripsikan dan dianalisis menurut teori Richard dan Lockhart (1996). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa guru memakai tiga jenis pertanyaan yaitu procedural questions (6,1%), convergent or display questions (50,7%) dan divergent or referential questions (43,2%). Convergent or display questions menempati posisi paling tinggi. Sedangkan dalam memberikan timbal balik, jika siswa menjawab dengan benar maka guru memberikan pujian (50%) dan meringkas jawaban siswa (7,7%). Memberikan ulasan tidak dipakai oleh guru. Guru memberikan pujian mendapatkan posisi paling tinggi. Sebaliknya, jika siswa memberikan jawaban yang salah, guru akan memberitahukan jawaban yang benar (22,7%), mendorong siswa agar tahu dimana kesalahannya (41%), mencela (18,2%), memberikan semangat kepada siswa (4,5%) dan mengabaikan jawaban siswa (13,6%). Mendorong siswa agar tahu dimana kesalahannya paling sering digunakan guru dalam memberikan timbal balik kepada siswa yang memerikan jawaban yang tidak benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 01:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 01:22 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18566 |
Actions (login required)
View Item |