The Use of Reading Workshop Model in Teaching Reading Comprehension of a Narrative Text to Senior High School Students

Nadilla, Annisa (2016) The Use of Reading Workshop Model in Teaching Reading Comprehension of a Narrative Text to Senior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ANNISA_NADILLA_1100946_2700_2016.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk membahas model pengajaran yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran membaca pemahaman teks narrative pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu model Reading Workshop. Model Reading Workshop dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam teks narrative. Reading Workshop adalah model pengajaran yang menggunakan pendekatan proses sehingga mendorong siswa menjadi pembaca yang aktif. Dalam model Reading Workshop, siswa melalui beberapa proses dalam memahami teks yaitu membaca sendiri (independent reading), membaca dalam grup (shared reading) dan membaca terbimbing dengan guru (guided reading). Reading workshop memperkenalkan kerja sama melalui interaksi dalam kelompok kecil baik dengan teman sekelas maupun dengan guru. Sehingga siswa dapat berbagi pengetahuan dan informasi tentang apa yang telah mereka baca dengan berdiskusi dengan teman sekelas tentang ide dan opininya. Kemudian interaksi dengan guru yang dapat membantu siswa memahami teks yang dibacanya lebih dalam lagi dan memecahkan masalah yang dihadapi siswa dalam membaca pemahaman. Dan di akhir kegiatan siswa dituntut mempresentasikan hasil bacaannya di depan kelas. Di dalam makalah ini dibahas tiga komponen yang terdapat dalam model Reading Workshop yaitu The Lesson/ Workshop, Work Period (Independent Reading and Conferencing), and Sharing/ Presentation Time.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:22
Last Modified: 17 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18562

Actions (login required)

View Item View Item