Unsur Intrinsik Teks Cerita Randai Buyuang Sampono jo Datuak Batuah di Nagari Lagan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Marlosa, Yeni Septi (2015) Unsur Intrinsik Teks Cerita Randai Buyuang Sampono jo Datuak Batuah di Nagari Lagan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_YENI_SEPTI_MARLOSA_5712_2015.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Unsur Intrinsik Teks Cerita Randai Buyuang Sampono jo Datuak Batuah di Nagari Lagan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabuapaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: (1) Hakikat Randai, (2) Hakikat Drama, (3) Unsur Intrinsik Drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah Unsur Intrinsik Teks Cerita Randai Buyuang Sampono jo Datuak Batuah di Nagari Lagan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, pengumpulan data dilakukan dengan teknik sebagai berikut: (1) menganalisis data teks cerita randai Buyuang sampono jo Datuak batuah, data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan Unsur Intrinsik Teks cerita randai Buyuang sampono jo Datuak batuah, (2) menarik kesimpulan dan membuat laporan. Hasil penelitian ini adalah (1) penokohan, penokohan yang ada dalam cerita randai Buyuang Sampono jo Datuak Batuah terbagi atas dua yaitu: tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama adalah Buyuang Sampono dan Datuak Batuah sedangkan tokoh pembantu adalah Nilam Sari, Reno Nilam, Reno Intan, dan Pendeka 4. (2) Alur yang digunakan adalah alur konvensional. (3) Latar adalah terbagi atas tiga yaitu latar tempat, waktu, dan suasana. (4) Gaya bahasa yang digunakan yaitu gaya bahasa penegasan, pertentangan, sindiran, perbandingan (5) Tema yaitu keserakahan seorang mamak terhadap kemenakannya. Amanatnya yaitu: (1) harus adil, (2) tidak boleh melakukan kekerasan, (3) sabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:21
Last Modified: 17 Oct 2018 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item View Item