Pemakaian Kata Sapaan dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Yeningsih, Winda Fitri (2015) Pemakaian Kata Sapaan dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_WINDA_FITRI_YENINGSIH_1592_03768_2015.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk pemakaian kata sapaan kekerabatan dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Batu Hampar dan (2) mendeskripsikan bentuk pemakaian kata sapaan nonkekerabatan dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak, libat, cakap (SLC), rekam, dan teknik catat. Data dianalisis dengan langkah-langkah: (1) mentranskripsikan data hasil rekam dalam bentuk data tulis, (2) mengidentifikasi data sesuai dengan aspek yang diditeliti, (3) mengklasifikasikan data bedasarkan aspek yang diteliti, (4) menginterprestasi data, dan (5) membuat simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, di kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan 23 kata sapaan kekerabatan berdasarkan keturunan matrilineal, 32 kata sapaan kekerabatan berdasarkan perkawinan. Kedua, di Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan kata sapaan nonkekerabatan dengan rincian 9 kata sapaan umum, 10 kata sapaan agama, 11 kata sapaan jabatan, dan 3 kata sapaan adat. Ketiga, kata sapaan kekerabatan yang dipakai oleh masyarakat di Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan keturunan matrilineal memiliki banyak persamaan dengan kata sapaan yang dipakai untuk kekerabatan berdasarkan perkawinan. Selain itu, kata sapaan kekerabatan baik berdasarkan keturunan matrilineal maupun perkawinan tidak dibatasi pemakaiannya terhadap kerabat saja, tetapi juga terhadap orang lain diluar kerabat. Keempat, kata sapaan nonkekerabatan yang meliputi kata sapaan umum, agama, jabatan, dan adat dipakai oleh masyarakat di Kenagarian Batu Hampar tanpa membedakan umur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:21
Last Modified: 17 Oct 2018 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18545

Actions (login required)

View Item View Item