Kesalahan Kalimat Deklaratif dalam Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VII SMP N 4 Kota Solok

Indriyani, Vivi (2015) Kesalahan Kalimat Deklaratif dalam Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VII SMP N 4 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_VIVI_INDRIYANI_2859_2015.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan kesalahan kalimat deklaratif dari segi struktur dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok, (2) mendeskripsikan kesalahan kalimat deklaratif dari segi diksi dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok, (3) mendeskripsikan kesalahan kalimat deklaratif dari segi ejaan dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah perangkat bahasa dalam bentuk kalimat-kalimat tertulis yang diambil dari sumber data. Data tersebut berupa kesalahan kalimat deklaratif dalam teks eksposisi yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu tugas dari latihan siswa yang berjumlah 40 teks. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan analisis kualitatif menggunakan formatformat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal berikut. Kesalahan kalimat ditinjau dari aspek kesalahan struktur dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP N 4 Kota Solok disebabkan oleh enam permasalahan berikut. (1) Sebuah pernyataan tidak memenuhi syarat sebagai kalimat aktif atau kalimat pasif. (2) Kalimat aktif dan pasif yang memiliki klausa lebih sari satu. (3) Subjek didahui oleh preposisi. (4) Kalimat majemuk yang menggunakan konjungsi yang tidak tepat. (5) Kalimat majemuk yang terdiri atas satu kalusa. (6) Induk kalimat dan anak kalimat yang tidak jelas pada kalimat majemuk. Kesalahan kalimat ditinjau dari aspek kesalahan diksi dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP N 4 Kota Solok disebabkan oleh tujuh permasalahan berikut. (1) Kesalahan pemilihan kata, sehingga menimbulkan makna yang berbeda. (2) Penulisan kata yang salah. (3) Penggunaan konjungsi korelatif yang tidak tepat. (4) Penggunaan dua kata yang memiliki makna dan fungsi yang sama secara serempak, sehingga kalimat menjadi tidak efisien. (5) Penggunaan dua kata yang memiliki makna bertolakbelakang dalam satu kalimat, sehingga menimbulkan makna ganda. (6) Penggunaan penghubung antarkalimat dan kata maka beriringan dalam satu kalimat. (7) Peniadaan preposisi pada kata yang menghendaki penggunaan preposisi. Kesalahan kalimat ditinjau dari aspek kesalahan ejaan dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP N 4 Kota Solok disebabkan oleh lima permasalahan berikut. (1) Awal kalimat yang tidak menggunaan huruf kapital. (2) Kata yang seharusnya menggunakan huruf kecil, tetapi digunakan huruf kapital. (3) Penggunaan huruf kapital pada nama. (4) Akhiran kalimat yang tidak menggunakan tanda titik. (5) Penggunaan tanda koma yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:21
Last Modified: 17 Oct 2018 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18544

Actions (login required)

View Item View Item