Model-model Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

Sugesti, Rizky Ayudia (2015) Model-model Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_RIZKY_AYUDIA_SUGESTI_54518_3566_2015.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model-model pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Rumusan masalah yang diajukan adalah: bagaimanakah gambaran model-model pendidikan karakter yang berlangsung dalam lingkungan informal, nonformal, dan formal dalam novel Negeri 5 Menara yang membentuk karakter tokoh generasi muda tersebut? Kajian Teori yang digunakan dalam penelitian ada lima yaitu: (1) hakikat novel, (2) unsur-unsur pembangun novel, (3) pendekatan mimesis, (4) strukturalisme genetik, dan (5) konsepsi model-model pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang bersifat content analysis (analisis isi). Metode ini digunakan untuk melihat dan mendeskripsikan data yang ada dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, dengan tahapan membaca serta mencatat kutipan-kutipan sebagai bukti yang kuat secara proposional menginventarisasikan data yang mengarah pada fokus penelitian, dan menginventarisasikan ke dalam sebuah format inventarisasi data. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model-model pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi adalah: model pembiasaan, model keteladanan, model pembinaan disiplin, model CTL, model bermain peran berakar pada dimensi pribadi dan sosial, dan model partisipasif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:19
Last Modified: 17 Oct 2018 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18527

Actions (login required)

View Item View Item