Hubungan Pengetahuan tentang Teks Eksposisi dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Putri, Ogiv Pernanda (2016) Hubungan Pengetahuan tentang Teks Eksposisi dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_OGIV_PERNANDA_PUTRI_2729_2015.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat pengetahuan tentang teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan pengetahuan tentang teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan tentang teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Data penelitian ini adalah skor pengetahuan tentang teks eksposisi dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu pengetahuan tentang teks eksposisi dan tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, pengetahuan tentang teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung (73,52). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung (78,65). Ketiga, terdapat hubungan antara pengetahuan tentang teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan tentang teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada derajat kebebasan n-1 dengan taraf kepercayaan 95%, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,47>1,68. Dengan kata lain, semakin baik tingkat pengetahuan tentang teks eksposisi, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:19
Last Modified: 17 Oct 2018 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18524

Actions (login required)

View Item View Item