Peran Pustakawan bagi siswa Tunarungu dalam pemanfaatan Perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Provinsi Sumatera Barat

Haripal, Senova (2016) Peran Pustakawan bagi siswa Tunarungu dalam pemanfaatan Perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SENOVA_HARIPAL_1307432_4378_2016.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang Peran Pustakawan bagi siswa Tunarungu dalam pemanfaatan Perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Provinsi Sumatera Barat. Penulisan makalah ini bertujuan mendeskripsikan tentang (1) peran pustakawan bagi siswa tunarungu dalam pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Provinsi Sumatera Barat, (2) kendala apa yang dihadapi pustakawan bagi siswa tunarungu dalam pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Provinsi Sumatera Barat, dan (3) upaya yang dilakukan pustakawan bagi siswa tunarungu dalam pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan dari observasi dan studi pustaka di Sekolah Dasar Luar Biasa Painan Biasa Provinsi Sumatera Barat. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru, pustakawan di Sekolah Dasar Luar Biasa Painan Provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) peran Pustakawan bagi Siswa Tunarungu dalam Pemanfaatan Perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Painan Provinsi Sumatera Barat adalah membantu memperkaya pengalaman belajar, menanamkan kebiasaan belajar mandiri, membantu mempercepat proses penguasaan teknik membaca, membantu perkembangan kecakapan bahasa, (2) kendala apa saja yang dihadapi pustakawan bagi siswa tunarungu dalam pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Painan Provinsi Sumatera Barat adalah minat baca masih kurang, koleksi belum memadai, kurangnya saran dan prasarana, (3) upaya apa yang dilakukan pustakawan untuk mengatasi kendala bagi siswa tunarungu dalam pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Dasar Luar Biasa Painan Provinsi Sumatera Barat adalah mengajak siswa datang ke perpustakaan untuk membaca, penambahan koleksi, menambah sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:46
Last Modified: 15 Oct 2018 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item