Perancangan dan Pembuatan Alat Pengontrol untuk Smart Home Appliance Berbasis Android Menggunakan Wemos Iot (Internet Of Things)

Ramadan, Fajar (2021) Perancangan dan Pembuatan Alat Pengontrol untuk Smart Home Appliance Berbasis Android Menggunakan Wemos Iot (Internet Of Things). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_FAJAR_RAMADAN_17066019_1740_2021.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Pembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk mengaplikasikan teknologi berbasis Internet of Things yang dirancang dengan membuat perangkat keras serta perangkat lunak. Proses perancangan dan pembuatan sistem secara keseluruhan mengikuti beberapa tahap yaitu: 1) Melakukan perancangan sistem, 2) Pembuatan perangkat keras, 3) Pembuatan perangkat lunak. Suatu teknologi diciptakan tentunya memberikan manfaat bagi penggunanya. Salah satu diantaranya adalah teknologi sistem keamanan rumah. Kebakaran dan pencurian merupakan masalah utama dalam keamanan rumah. Beberapa faktor terjadinya kebakaran dan pencurian di dalam rumah dikarenakan kelalaian dari manusia itu sendiri serta terlambatnya penanganan dan pencegahan yang dilakukan. Kejadian seperti ini dapat mengakibatkan kerugian dari segi materil sampai menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu, tujuan yang dilakukan untuk membuat suatu perangkat yang dapat memonitoring keamanan rumah setiap waktu khususnya kebakaran, pencurian, melakukan pencegahan akan bahaya serta memberikan informasi peringatan kondisi bahaya dengan cepat meliputi notifkasi bahaya yang dikirimkan kepada pemilik rumah. Untuk pencegahan bahaya lebih lanjut sistem akan mengirimkan otomatis pemberitahuan bahaya pencurian dan kebakaran dalam rumah kepadapemilikrumah. Diharapkan dengan perangkat sistem otomatis ini dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pengawasan dalam rumah guna untuk mencegah hal yang tidak diinginkan serta membantu meringankan pekerjaan, sehingga masyarakat lebih produktif dalam melakukan aktivitas penting lainnya serta memberikan rasa aman dan nyaman dari bahaya di dalam rumah yang menjadi tempat tinggal keluarga yang dicintai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:03
Last Modified: 23 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18442

Actions (login required)

View Item View Item