Keberadaan Tari Piriang Urak Lah Simpuah di Jorong Panai Kenagarian Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Hasnizah, Waldia (2016) Keberadaan Tari Piriang Urak Lah Simpuah di Jorong Panai Kenagarian Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WALDIA_HASNIZAH_1205460_4211_2016.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan Keberadaan Tari Piriang Urak Lah Simpuah di Jorong Panai Kenagarian Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan motode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah Tari Piriang Urak Lah Simpuah di Jorong Panai Kenagarian Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.Teknik pegumpulan data dilakukan melalui observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara fenomenologi dengan menghubungkan masing-masing komponen mulai dari penentuan objek sampai kepada kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tari Piriang Urak Lah Simpuah sudah ada semenjak tahun 1930 mendapat pengakuan dan setelah ditampilkan di masyarakat. Pada tahun 1980an-1990an, perkembangan Tari Piriang Urak Lah Simpuah sangat baik dari segi aktivitas dan penggunaanya dan sudah digunakan sebagai mana fungsinya. Pada tahun 2000 – 2007 aktivitas dan penggunaan Tari Piriang Urak Lah Simpuah semakin meningkat dari tahun sebelumnya, permintaan untuk penampilan Tari Piriang Urak Lah Simpuah bertambah banyak. Tapi pada tahun 2008 sampai 2016 (sekarang) terdapat penurunan aktivitas dan penggunaanya dalam masyarakat Panai, Penyebab kurang konsistenya penggunaan Tari Piriang Urak Lah Simpuah dalam berbagai pertunjukan, karena telah mulai menurunya respon masyarakat dan penonton untuk pertunjukan Tari Piriang Urak Lah Simpuah. Sekarang untuk mendukung sebuah pertujukkan maka sangat diperlukan dana dan perhatian yang di berikan oleh pemerintah dan masyarakat menyebabkan penurunan aktivitas dan kegunaan dalam masyarakat Panai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:17
Last Modified: 12 Oct 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item