Sistem Pewarisan tari Bungkuih di Sanggar Tut Wuri Handayani di Kenagarian Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Sri Hardiyanti, Sri Hardiyanti (2016) Sistem Pewarisan tari Bungkuih di Sanggar Tut Wuri Handayani di Kenagarian Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SRI_HARDIYANTI_1205420_5256_2016.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan Sistem Pewarisan tari Bungkuih di Sanggar Tut Wuri Handayani di Kenagarian Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kulitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah tari Bungkuih yang ada di Kenagarian Air Bangis. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dan memerlukan alat dalam menghimpun data dilapangan yaitu berupa alat tulis dan kamera foto. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, memilah data yang sesuai dengan sistem pewarisan tari Bungkuih lalu mendeskripsikan data yang sesuai dengan masalah-masalah yang dibahas. Hasil penelitian Tari Bungkuih merupakan kesenian tradisional yang yang mendeskripsikan tentang kehidupan muda-mudi yang sedang mencari jodoh. Tari Bungkuih menggunakan sistem pewarisan terbuka, yaitu pewarisan yang dilakukan tanpa adanya hubungan pertalian darah. Pewarisan terbuka dari guru tari Bungkuih kepada muridnya yang mempunyai keinginan, kemauan, dari dirinya sendiri untuk mempelajari tari Bungkuih tetapi tidak memiliki hubungan pertalian darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:16
Last Modified: 12 Oct 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18386

Actions (login required)

View Item View Item