Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 22 Padang

Fitriana, Rompi (2016) Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ROMPI_FITRIANA_00237_5616_2016.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan lapangan yang ditemui didalam proses pembelajaran khususnya seni budaya aspek musik, yang mana tenaga pengajar masih saja terpengaruh oleh Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2006 yang hanya berfokus kepada Dimensi Pengetahuan dan Keterampilan, sedangkan disekolah tersebut telah memakai Kurikulum 2013 yang mana penilaian memiliki aspek tambahan yaitu Dimensi Sikap yang Penilaianya diinclude-kan kepada dimensi pengetahuan, sehingga pendidikan karakter yang dituntut pemerintah tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksaan oleh tenaga pengajar kepada peserta didik dalam pembentukan karakter dalam perwujudan dimensi sikap yang mana pelaksanaanya dilakukan cecara tidak langsung (terintegritas) kedalam dimensi pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan pembeajaran seni budaya pada aspek musik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya pada aspek musik di SMP Negeri 22 Padang ditinjau dari prosesnya tidak berjalan dengan semestinya. Guru tidak meintegritaskan dimensi sikap ke dimensi pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran dikarnakan guru belum memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Dengan demikian pembentukan karakter belum mencapai tujuan yang semestinya menurut pendidikan karakter sesuai kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:26
Last Modified: 11 Oct 2018 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item View Item