Yanda, Nurul Fhadilla Prima (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Melalui Metode Kooperatif Tipe Make A Match di SMP Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_6_NURUL_FHADILLA_PRIMA_YANDA_1201161_4971_2016.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa demi mencapai tujuan pembelajaran. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup tentang penerapan, belajar dan pembelajaran, tari, metode kooperatif, tipe make a match, dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berada di SMP Negeri 3 Bukittinggi tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII.1 yang memperoleh nilai paling rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe make a match berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terlihat pada rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan metode make a match yaitu 68,9. Dari persentase siswa kelas VIII.1 pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 65,71 dengan kriteria penilaian “Cukup”. Dan pada siklus II dengan hasil belajar siswa dengan nilai rat-rata 86,16 dengan kriteria penilaian “Baik”. Jadi adanya peningkatan hasil belajar seni tari dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dan target yang ingin dicapai telah berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 08:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 08:26 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18381 |
Actions (login required)
View Item |