Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMPN 13 Padang

Martius, Lothar (2016) Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_LOTHAR_MARTIUS_1205449_4392_2016.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Berbasis LKS di SMPN 13 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, Persepsi. Kedua, Pembelajaran seni budaya. Ketiga, Lembar kerja siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/1016 dengan jumlah 357 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII4 dengan jumlah 34 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya (musik) berbasis LKS di SMPN 13 Padang. Instrument dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Dari hasil skor seluruh indikator yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya (musik) berbasis LKS dalam kategori Kurang Baik (KB). Ini dibuktikan oleh persentase ketercapaian seluruh indikator adalah 55,1%. Terbukti pada hasil penelitian dari beberapa indikator. Pertama, indikator penerimaan siswa terhadap pembelajaran seni budaya (musik) berbasis LKS dalam kategori Kurang Baik (KB). Ini dibuktikan oleh persentase ketercapaian penerimaan adalah 52,1% dengan kategori kurang baik. Kedua, indikator pemahaman siswa terhadap pembelajaran seni budaya (musik) berbasis LKS dalam kategori Kurang Baik (KB). Ini dibuktikan oleh persentase ketercapaian pemahaman adalah 54,8% dengan kategori kurang baik. Ketiga, indikator penilaian siswa terhadap pembelajaran seni budaya (musik) berbasis LKS dalam kategori Kurang Baik (KB). Ini dibuktikan oleh persentase ketercapaian penilaian adalah 58,4% dengan kategori kurang baik. Dengan demikian persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya (musik) berbasis LKS di SMPN 13 Padang berada dalam kategori Kurang Baik (KB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:26
Last Modified: 11 Oct 2018 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18378

Actions (login required)

View Item View Item