Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konsep, Gambar dan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep dan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan: tahun ke 1 dari Rencana 2 Tahun

Lufri, Lufri and Fitri, Rahmadhani and Yogica, Relsas (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konsep, Gambar dan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep dan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan: tahun ke 1 dari Rencana 2 Tahun. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian PPT 2017.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi di perguruan tinggi sekarang ini, khususnya pada Jurusan Biologi adalah pemahaman tentang proses perkembangan embrio hewan yang masih relatif rendah. Hal ini disebabkan di antaranya kurangnya buku penunjang yang memfasilitasi belajar mahasiswa dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Penyebab lainnya adalah lemahnya kemampuan mahasiswa untuk berfikir tingkat tinggi. Untuk itu, mutu pembelajaran matakuliah Perkembangan Hewan harus ditingkatkan. Sehubungan dengan masalah ini, maka dilakukan penelitian dengan tujuan umum adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran Perkembangan Hewan, sehingga mahasiswa mampu menggunakan kemampuan berfikir tingkat tinggi dalam memamahami proses perkembangan hewan. Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran yang bermutu untuk mata kuliah Perkembangan Hewan, dengan kriteria: (1) valid, (2) praktis, dan (3) efektif. Penelitian ini hanya pada sampai tahap validasi produk yang dikembangkan. Laporan tahun terakhir ini memuat semua produk yang telah dikembangkan, yaitu (1) sintaks model pembelajaran, (2) buku ajar, (3) Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang berbasis problem solving dan peta konsep, (4) instrumen validitas model pembelajaran, (5) instrumen validitas buku ajar, (6) instrumen validitas LKM, dan (7) instrumen evaluasi hasil belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:39
Last Modified: 11 Oct 2018 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18375

Actions (login required)

View Item View Item