Penerapan Metode Permainan dalam Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia

Yogica, Relsas and Yuniarti, Elsa (2017) Penerapan Metode Permainan dalam Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia. In: Seminar Nasional BioExo, 2017.

[img]
Preview
Text
Artikel - SemNas & BioExo 2017.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan menjadi hal yang semestinya diperhatikan oleh pendidik, terutama untuk kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Mutu tersebut hanya akan diperoleh saat pendidik mampu mengamati gejala yang terjadi sehingga masalah dapat diselesaikan. Peneliti telah melakukan penelitian tentang dampak metode permainan di Program Studi Biologi FMIPA UNP pada Semester JanuariJuni 2016 pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia. Penerapan metode ini merupakan inovasi yang layak untuk dicoba karena akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga nantinya aktifitas dan hasil belajar mahasiswa akan menjadi baik. Peneliti telah menemukan data bahwa aktifitas belajar mahasiswa terus meningkat selama pelaksanaan metode permainan ini, dan pada akhir perkuliahan diperoleh data nilai hasil belajar pada dominansi B+. Kesimpulan penelitian ini adalah metode permainan yang dilaksanakan telah meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:32
Last Modified: 11 Oct 2018 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18372

Actions (login required)

View Item View Item