Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Randai Melalui Strategi Cooperative Learning di SMA Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya

Ermawati, Ermawati (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Randai Melalui Strategi Cooperative Learning di SMA Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ERNAWATI_14023066_5183_2016.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan instrumen pokok adalah peneliti sendiri. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi dan tes hasil belajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam kerja kelompok, sedangkan hasil tes belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar randai siswa setelah selesai pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Dan setiap pertemuan terakhir pada tiap siklus diadakan penilaian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata strategi pembelajaran Cooperative Learning ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran randai siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa dari siklus I ke siklus II. Yaitu siklus I nilai rata-rata kelasnya 75,9, yang belum tuntas sebanyak 12 orang atau 42,8% dan 16 orang siswa atau 57,2% tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83,6 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:25
Last Modified: 11 Oct 2018 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item View Item