Penerapan Strategi Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 20 Padang

Sari, Novita (2016) Penerapan Strategi Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NOVITA_SARI_1201105_4132_2016.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Rupa di SMP merupakan pembelajaran yang ada di sub materi Seni Budaya. Pembelajaran seni rupa meliputi aspek pemahaman, aspek apresiasi dan aspek pengembangan kreatif. Di pembelajaran seni rupa siswa juga dituntut untuk dapat mengembangkan sikap toleransi, demokrasi, beradab, serta mampu hidup rukun dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, melalui penerapan strategi kreatif-produktif dalam pembelajaran seni rupa di kelas VIII-5 SMP Negeri 20 Padang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian, siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 20 Padang yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah format aktivitas siswa, format aktivitas guru dan lembaran evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan peningkatan, persentasiaktivitas siswa pada siklus I adalah 62.5% dengan kategori meragukan, meningkat menjadi84.34% dengan kategoribaik pada siklus II. Ratarata nilai hasil belajar di prasiklus 77.59 jumlah siswa yang belum tuntas 17 orang(53.12%) menjadi 80.16 jumlah siswa yang tuntas 23 orang (71.87%) pada siklus I.Kemudian pada siklus II semua siswa tuntas(100%).Berdasarkanhasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi kreatif-produktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa di kelas VIII-5 SMP Negeri 20 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:08
Last Modified: 11 Oct 2018 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item