Perbedaan Hasil Belajar Praktikum Cetak Saring yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok dan Pemberian Tugas Individu pada Siswa Kriya Tekstil SMKN 4 Padang

Miswah, Aminur (2016) Perbedaan Hasil Belajar Praktikum Cetak Saring yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok dan Pemberian Tugas Individu pada Siswa Kriya Tekstil SMKN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_AMINUR_MISWAH_1205377_4483_2016.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

proses pembelajaran Cetak Saring di SMKN 4 Padang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Metode pembelajaran yang digunakan belum optimal sehingga pemahaman siswa terhadap materi rendah, selain itu nilai ujian praktek siswa banyak di bawahkriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah, yaitu 75. Sesuai dengan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menguji:(1) Perbedaan hasil belajar praktikum Cetak Saring antara metode kerja kelompok dengan pemberian tugas individu di Jurusan Kriya Tekstil SMKN 4 Padang.(2) Perbedaan hasil belajar praktikum Cetak Saring antara metode kerja kelompok dengan metode konvensional di Jurusan Kriya Tekstil SMKN 4 Padang.(3) Perbedaan hasil belajar praktikum Cetak Saring antara pemberian tugas individu dengan metode konvensional di Jurusan Kriya Tekstil SMKN 4 Padang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa Kriya Tekstil SMKN 4 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari tiga kelas, yaitukelas eksperimen 1 (XI Kriya Tekstil A), dan kelas ekperimen 2 (XI Kriya Tekstil B), dankelas kontrol(XI Kriya Tekstil C) dengan jumlah siswa 53 orang. Jenis data yang digunakan adalah variabel bebas dengan menggunakan metode kerja kelompok dan pemberian tugas individu, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar pretest dan posttest siswa XI Kriya Tekstil. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 16. Teknik analisis data menggunakan t-test pada kelas eksperimen1, kelas eksperimen 2, dan kontrol, dengan melakukan uji rata-rata hasil belajar, uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan: (1)Terdapat perbedaan hasil belajar praktikum Cetak Saring antara metode kerja kelompok dengan pemberian tugas individu di Jurusan Kriya Tekstil SMKN 4 Padang, dengan t hitung > t tabel yaitu2.545 > 2.12 dan nilai probabilitas 0.02 < 0.05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar praktikum Cetak Saring antara metode kerja kelompok dengan metode konvensional di Jurusan Kriya Tekstil SMKN 4 Padang, dengan t hitung > t tabel yaitu 3.646 > 2.12, dan nilai probabilitas 0.002 < 0.05. (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar praktikum Cetak Saring antara pemberian tugas individu dengan metode konvensional di Jurusan Kriya Tekstil SMKN 4 Padang,dengan t hitung > t tabel yaitu 2.051 < 2.11, dan nilai probabilitas 0.056 > 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:08
Last Modified: 11 Oct 2018 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item View Item