Improving Students Narrative Reading Comprehension through Guided Reading

Suryanta, Rahadian (2016) Improving Students Narrative Reading Comprehension through Guided Reading. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RAHADIAN_SURYANTA_1205284_5784_2016.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengajaran Bahasa Inggris. Tujuan dari pengajaran keterampilan membaca ini adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa terutama dalam pemahaman membaca seperti menemukan informasi umum dan informasi khusus, referensi kontekstual, dan makna kontekstual. Agar dapat memahami hal-hal tersebut, seorang guru harus memiliki strategi dalam pengajarannya. Guided Reading merupakan salah satu strategi dalam pengajaran reading yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi teks. Adapun langkahlangkah dalam melakukan strategi ini adalah (1) guru memilih teks yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswanya, (2) guru membagikan teks tersebut kepada setiap anggota kelompok yang terdiri dari 3-4 orang, (3) guru mempersiapkan siswa untuk membaca teks dengan mengembangkan pengetahuan dasar mereka, mengenal kosa kata dalam teks, serta mengetahui tujuan membaca teks, (4) setelah mengetahui tujuan membaca, murid membaca teks dalam hati supaya dapat lebih berkonsentrasi. Ketika murid selesai membaca, guru memberikan LKS yang berisi penugasan untuk menginterpretasikan isi cerita (teks narasi) dengan kehidupan sehari-hari dan mendiskusikannya dalam kelompok, (5) selanjutnya siswa diminta menuliskan kembali isi cerita dibantu dengan cara menjawab beberapa pertanyaan yang telah disediakan oleh guru, (6) langkah terakhir guru memberi test kepada murid untuk menguji ingatan dan pemahaman mereka. Dengan menggunakan strategi ini dalam pengajaran teks naratif, siswa dilatih untuk berpikir lebih kritis dan aktif dalam mengeluarkan pendapatnya, serta bekerja dalam kelompok. Melalui penerapan strategi Guided Reading penulis berharap dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan bisa memahami teks secara cepat. Penulis juga berharap guru bisa menggunakan model pembelajaran ini dalam pengajaran membaca khususnya narrative text berdasarkan prosedur yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:53
Last Modified: 10 Oct 2018 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18312

Actions (login required)

View Item View Item