Pembuatan Bibliografi Beranotasi Skripsi Jurusan Teknik Elektro Tahun 2014–2016 Koleksi Ruang Baca Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang

Indah, Nilam Sri (2016) Pembuatan Bibliografi Beranotasi Skripsi Jurusan Teknik Elektro Tahun 2014–2016 Koleksi Ruang Baca Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_NILAM_SRI_INDAH_1307445_4430_2016.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan membantu pengguna dan pustakawan yang ada di ruang baca Jurusan Teknik Elektro dalam melakukan penelusuran informasi atau temu kembali informasi. Dalam makalah ini dideskripsikan mengenai pembuatan bibliografi beranotasi skripsi Jurusan Teknik Elektro tahun 2014–2016 Koleksi Ruang Baca Jurusan Teknik Elektro Univesitas Negeri Padang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan mengamati atau observasi. Pengamatan dilakukan secara langsung menelusuri koleksi skripsi yang ada di Ruang Baca Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Setelah diperoleh, selanjutnya dilakukan identifikasi pada bagian-bagian yang akan dibuat untuk bibliografi beranotasi. Hasil yang diperoleh dalam pengamatan langsung, jumlah koleksi skripsi di Ruang Baca Jurusan Teknik Elektro dari tahun 2014–2016 adalah 157 judul. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan tahapan pembuatan bibliografi beranotasi skripsi Jurusan Teknik Elektro adalah sebagai berikut. Pertama, penentuan judul dengan pertimbangan (a) tersedianya koleksi karya ilmiah berupa skripsi Jurusan Teknik Elektro; (b) keterpakaian koleksi oleh pengunjung; (c) informasi yang paling banyak diminati; dan (d) informasi dalam koleksi masih terjaga dan koleksi dalam kondisi yang baik. Kedua, pengumpulan bahan pustaka dengan mencatat data bibliografi seperti nama pengarang, judul skripsi, impresum, serta keterangan lain seperti nomor panggil. Ketiga, seleksi bahan pustaka dilakukan seleksi pada seluruh koleksi skripsi dengan cara memisahkan skripsi berdasarkan urutan tahun. Keempat, pengelompokan atau klasifikasi bibliografi beranotasi skripsi dikelompokkan berdasarkan klasifikasi fundamental yaitu mengklasifikasi bahan pustaka berdasarkan isi atau subjek. Kelima, pembuatan kata kunci. Keenam, penyusunan indeks. Ketujuh, pengetikkan naskah bibliografi mengandung unsur-unsur seperti, penulisan nama pengarang, judul skripsi, impresum dan keterangan lainnya yang dibutuhkan dalam pembuatan bibliografi beranotasi. Terakhir dalam tahapan pembuatan bibliografi adalah pemeriksaan naskah akhir, meliputi pemeriksaan kesalahan ejaan, kesesuaian pembalikan nama pengarang dan kelengkapan data bahan bibliografi seperti tahun terbit, penerbit, dan anotasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 08:38
Last Modified: 09 Oct 2018 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18248

Actions (login required)

View Item View Item