Peranan Pencak Silat Dalam Satu Kesatuan Pertunjukan Tari Galombang di Perguruan Pencak Silat Kato Sepakat Kelurahan Koto panjang Ikur Koto Kota Padang

Wulandari, Wulandari (2016) Peranan Pencak Silat Dalam Satu Kesatuan Pertunjukan Tari Galombang di Perguruan Pencak Silat Kato Sepakat Kelurahan Koto panjang Ikur Koto Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_WULANDARI_1103524_2667_2016.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan mengenai Peranan pencak silat dalam satu kesatuan pertunjukan tari Galombang di Perguruan pencak silat Kato Sepakat kelurahan Koto Panjang Ikur Koto Kota Padang. Fokus penelitian adalah peranan pencak silat dalam pertunjukan tari Galombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini, dan menggunakan alat bantu lain seperti kamera foto dan video. Data dianalisis berdasarkan fenomena yang terjadi dalam pertunjukan tari Galombang di sasaran Kato Sepakat, analisis data dilakukan dengan pendekatan model Miles dan Huberman. Prosedur analisis di antaranya yaitu pengoleksian data, reduksi, dan verifikasi serta simpulan. Hasil penelitian menunjukan, tari Galombang yang berkembang di Koto Tangah khususnya di kelurahan Koto Panjang Ikua Koto (KPIK) ini sangat unik dalam penyajiannya. Dalam tari ini terdapat gerak pencak dan silat yang memiliki peran masing-masing. Pencak berperan sebagai sumber keindahan gerak, pengantar penari untuk gerak berikutnya, identitas tari serta bagian dari komposisi tari Galombang tersebut. Sedangkan silat berperan sebagai inti gerak, lambang ketangkasan dan keberanian. tari ini biasanya dipertunjukan dalam kegiatan acara penyambutan secara adat di bagi masyarakat Minangkabau. Namun saat ini tari Galombang telah berkembang bukan saja untuk acara yang bersifat adat Minangkabau tetapi juga digunakan oleh masyarakat Minangkabau dalam acara penyambutan tamu yang bukan saja bersifat acara adat. Selain itu, tari Galombang juga digunakan untuk acara peresmian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah atau menyambut tamu-tamu dari masyarakat luar yang datang ke Minangkabau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:42
Last Modified: 09 Oct 2018 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item View Item