Pembelajaran Seni Budaya (Musik) dikelas VII di SMP N 2 Bukit Sundi

Nasution, Risky Yolanda (2016) Pembelajaran Seni Budaya (Musik) dikelas VII di SMP N 2 Bukit Sundi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RISKY_YOLANDA_NASUTION_1202850_4920_2016.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP N 2 Bukit Sundi untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran musik yang dilakukan guru sesuai kurikulum dan konten atau materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah pelajaran seni budaya bidang musik dikelas VII. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder data primer mencakup: a) rancangan pembelajaran, b) kegiatan pembelajaran, c) penilaian. Data sekunder terdiri dari teori-teori yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, dan konten materi seni musik. Teknik pengumpulan data dilakukanmelalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis dilakukan melalui klasifikasi data, deskripsi, dan analisis, serta simpulan. Berdasarkan analisis perangkat pembelajaran ditemukan hasil yang mencakup RPP, implementasi, hasil belajar siswa, teknik/ kriteria penilaian. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakuan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan, guru dalam menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran serta penyelenggaraan seni musik belum sepenuhnya mengacu kepada RPP. Yang mencakup: 1) pendekatan pembelajaran, pendekatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran tergolong tidak efektif karena guru hanya melakukan pendekatan secara individual saja. 2) strategi pembelajaran, didalam pembelajaran guru kurang kreatif, guru tidak mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif. 3) materi yang diberikan belum sepenuhnya memotivasi siswa agar mengeluarkan bakat yang ada pada dirinya. 4) media yang digunakan belum bisa memotivasi siswa untuk aktif, kreatif, dan produktif. 5) metode yang digunakan guru dapat dikatakan belum baik untuk menentukan ketercapaian hasil belajar siswa. 6) evaluasi yang dilakukan guru belum sepenuhnya memperhatikan tuntutan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:41
Last Modified: 09 Oct 2018 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18217

Actions (login required)

View Item View Item