Pelaksanaan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 7 Padang

Nando, Ringga Okber (2016) Pelaksanaan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RINGGA_OKBER_NANDO_15884_4981_2016.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 7 Padang, yang mengikuti kegiatan pemengembangan diri seni tari di sekolah. Instrument penelitian ini adalah peneliti sebagai observer utama yang dibantu dengan instrumen observasi, dokumentasi, dan penilaian hasil belajar guru. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 7 Padang belum mengikuti konsep pengembangan diri seperti yang diatur pemerintah. Karena kegiatan pengembangan diri seni tari disamakan dengan kegiatan belajar mengajar seni budaya di kelas dengan hanya memindahkan waktu dan lokasi belajar.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengembangan diri adalah metode latihan dengan teknik imitasi (peniruan). Namun dalam hasil pengamatan yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, nampak bahwa siswa yang mengikuti kegiatan ini tidak begitu serius meskipun guru sudah menyatakan bahwa kegiatan pengembangan diri seni tari adalah bagian dari penilaian seni budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:41
Last Modified: 09 Oct 2018 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18216

Actions (login required)

View Item View Item