Struktur, Kategori, dan Fungsi Sosial Ungkapan Kepercayaan Rakyat tentang Alam Gaib Masyarakat Kenagarian Taluk Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Marlina, Gusti (2016) Struktur, Kategori, dan Fungsi Sosial Ungkapan Kepercayaan Rakyat tentang Alam Gaib Masyarakat Kenagarian Taluk Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_GUSTI_MARLINA_1200926_2378_2016.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, kategori, dan fungsi sosial ungkapan kepercayaan rakyat tentang alam gaib masyarakat Kenagarian Taluk Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain, (1) pengertian folklor, (2) bentuk-bentuk folklor, (3) struktur ungkapan kepercayaan rakyat, (4) kategori ungkapan kepercayaan rakyat, dan (5) fungsi sosial ungkapan larangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah ungkapan kepercayaan rakyat tentang alam gaib masyarakat Kenagarian Taluk Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sebagai berikut: (1) menentukan informan yang memenuhi kriteria seorang informan yang baik, (2) melakukan wawancara, merekam ungkapan kepercayaan rakyat dari informan, (3) melakukan pencatatan kembali hasil rekaman yang telah dilakukan. Data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mentranskripsi data rekaman ke dalam bahasa tulis, (2) menterjemahkan dan mentranskripsikan hasil rekaman ke dalam bahasa Indonesia, (3) mengelompokkan masing-masing ungkapan kepercayaan rakyat berdasarkan struktur, kategori, dan fungsi sosialnya, (4) menganalisis data, dan (5) menyimpulkan dan menulis laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ungkapan kepercayaan rakyat tentang alam gaib masyarakat Kenagarian Taluk Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar ditemukan 47 ungkapan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ungkapan kepercayaan rakyat tentang alam gaib merupakan sarana komunikasi dalam menyampaikan isi hati dan perasaan secara polos dan lugu, sehingga sering kali kelihatan tidak kasar. Hal ini menyangkut dengan perbuatan manusia yang dilakukan dengan sengaja yang menyebabkan suatu akibat. Ungkapan kepercayaan ini memiliki dua struktur, yaitu (1) struktur dua bagian, (2) struktur tiga bagian. Ungkapan kepercayaan tersebut terdiri dari kategori antu aru-aru, palasik, cindaku, dan urang bunian. Fungsi ungkapan kepercayaan rakyat tentang alam gaib terdiri dari fungsi mempertebal emosi keagamaan, sistem proyeksi khayalan suatu kolektif, mendidik, melarang, dan menghibur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:39
Last Modified: 09 Oct 2018 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item