Hubungan Antara Keterampilan Memahami Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Painan

Ge Ghiensla Dpg, Ge Ghiensla Dpg (2016) Hubungan Antara Keterampilan Memahami Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_GE_GHIENSLA_DPG_1100871_652_2015.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tiga hal. Pertama, tingkat keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan. Kedua, tingkat keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan. Ketiga, hubungan antara keterampilan memahami teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan yang terdaftar tahun ajaran 2014/2015. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 orang, diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes unjuk kerja dan tes objektif. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan memahami teks cerpen dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan. Hasil tes tersebut dihubungkan dengan menggunakan rumus product moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan variabel X dengan variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan berada pada kualifikasi baik karena nilai rata-ratanya adalah 80,25. Kedua, keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan tergolong baik karena nilai rata-ratanya adalah 77,64. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memahami teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Painan pada derajat kebebasan n-1 (35) dan taraf signifikan 95%. Nilai thitung yang diperoleh sebesar 21,40. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 21,40 > 1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi keterampilan memahami teks cerpen siswa, maka semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpen siswa. Sebaliknya, jika keterampilan memahami teks cerpen siswa rendah maka keterampilan menulis teks cerpen siswa juga akan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:37
Last Modified: 09 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18167

Actions (login required)

View Item View Item