Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang

Zurryati, Zurryati (2016) Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ZURRYATI_4563_2015.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hasil analisis kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 12 padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel penelitian ini adalah adalah motivasi belajar dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Data penelitian ini adalah skor motivasi belajar dan skor kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Preason Product Moment (PPM), uji regresi sederhana, uji t, dan rumus koefisien determinan untuk mengetahui besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Instrumen penelitian ini berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan tes unjuk kerja, yaitu menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 12 Padang tergolong baik dengan nilai rata-rata 80,65. Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang tergolong cukup dengan nilai rata-rata 75,5. Ketiga, motivasi belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang sebesar 31,02%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Kontribusi tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji-t, yaitu thitung ≥ dari ttabel yaitu, 4,129 ≥ 1,684.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:37
Last Modified: 09 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item