Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman

Yuliannisa, Yuliannisa (2016) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_YULIANISA_1205191_1362_2016.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman menggunakan model discovery learning. Ketiga, mendeskripskan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman yang menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learnng. Data dianalisis menggunakan rumus presentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 47,47. Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 69,95. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesisi alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung>ttabel, yaitu 8,64>1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman sesudah menggunakan model discovery learning (rata-rata 69,95) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning (rata-rata 47,47). Perbedaan terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 8,64>1,70. Dengan kata lain, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:37
Last Modified: 09 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18163

Actions (login required)

View Item View Item