Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang”

Ruhanda, Yola (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_YOLA_RUHANDA_1205223_4652_2016.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1). keterampilan menulis naskah drama, (2). model pembelajaran kooperatif, (3). penerapan model pembelajaran kooperatif tipethink pair share dalam pembelajaran menulis naskah drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis naskah drama sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang dan skor tes keterampilan menulis naskah drama sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu menulis naskah drma sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 74,51. Kedua, keterampilan menulis naskah drama sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang berada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,67. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel (4,10>1,70). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share TPS (rata-rata 83,67). Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t thitung > ttabel (4,10>1,70) dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:15
Last Modified: 08 Oct 2018 09:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18159

Actions (login required)

View Item View Item