Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai

Syaffitri, Windi (2016) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_WINDI_SYAFFITRI_1200912_4338_2016.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama, siswa masih kesulitan dalam mengembangkan sebuah ide dalam menulis sehingga siswa malas untuk menulis. Kedua, siswa belum memahami materi menulis berita seperti struktur berita, unsur-unsur berita, dan bahasa berita. Ketiga, siswa belum terampil dalam menulis sehingga kalimat yang sering digunakan siswa seringkali tidak efektif. Keempat, nilai menulis berita siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis berita tanpa menggunakan model PBL siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Kedua, mendeskripsikan pengaruh penggunaan pembelajaran dengan menggunakan model PBL terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model PBL terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai yang berjumlah 246 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas kontrol (kelas VIII2) berjumlah 31 orang siswa, dan kelas eksperimen (kelas VIII3) berjumlah 31 orang siswa. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis berita siswa tanpa menggunakan model PBL dan keterampilan menulis berita siswa dengan menggunakan model PBL. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji t. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 3 Batang Anai tanpa menggunakan model PBL berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 67,38. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 3 Batang Anai dengan menggunakan model PBL berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,26. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa thitung>ttabel (5,659>1,67). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 3 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:15
Last Modified: 08 Oct 2018 09:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18157

Actions (login required)

View Item View Item