Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Solok

Pratiwi, Widya (2016) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_WIDYA_PRATIWI_1200864_3109_2016.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok sebelum menggunakan model Problem Based Learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini yaitu keterampilan menulis karangan argumentasi, model problem based learning, dan penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design.populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 312 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.5 yang berjumlah 35 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis karangan argumentasi sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum menggunakan model problem based learning siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,73. Kedua, keterampilan menuliskarangan argumentasi setelah menggunakan model problem based learning siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok berada pada kualifikasi (B) dengan nilai rata-rata 80,48. Ketiga,berdasarkan uji-t pada taraf signifikan 95% dengan dk=(n1+n2)-2, disimpulkan bahawa thitung >ttabel (4,43>1,70). Dengan kata lain, penggunaan model problem based learning berpengaruh dan layak digunakan terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18155

Actions (login required)

View Item View Item