Kontribusi Keterampilan Menyimak Pantun terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Setia, Welli (2016) Kontribusi Keterampilan Menyimak Pantun terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_WELLI_SETIA_1205151_4197_2016.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menyimak pantun siswa kelas VIISMP Negeri 2 Lubuk Alung. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung. Ketiga, menganalisis kontribusi antara keterampilan menyimak pantun terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 142 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 25% dari populasi berjumlah 33 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak pantun sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis pantun sebagai variabel terikat (variabel Y). Instrumen penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data, yaitu menguji tingkat keterampilan menyimak pantun siswa dan menugasi menulis pantun. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilanmenyimak pantun dan skor hasil tes keterampilan menulis pantun. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menyimak pantun siswa kelas VII SMP Negeri Lubuk Alung berada pada kualifikasi baik sebesar 77,28. Kedua, keterampilan menulis pantun siswa secara keseluruhan sebesar 77,27 dan berada pada kualifikasi baik. Ketiga, keterampilan menyimak pantun memiliki kontribusi sebesar 89,5% terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung dan selebihnya (10,5%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menyimak pantun berkontribusi terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Alung. Jadi, disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, terlebih dahulu ditingkatkan adalah keterampilan menyimak siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18153

Actions (login required)

View Item View Item