Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Ulya, Ulya (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ULYA_1200915_4148_2016.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri, (2) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang setelah menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri, dan (3) deskripsi analisis pengaruh teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Teori yang digunakan pada penelitian ini, yaitu keterampilan menulis teks eksplanasi, yaitu berupa pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, unsur kebahasaan teks eksplanasi, fungsi teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi, dan indikator keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri, berupa teknik pemodelan dan media gambar berseri. Teori yang digunakan selanjutnya adalah penerapan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri dalam pembelajaran teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-5 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Data penelitian adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi setelah menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. instrument penelitian adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri memiliki rata-rata 60,94 yang berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri memiliki rata-rata 80,38 yang berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik pemodelan berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang karena thitung > ttabel (8,34 > 1,70).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18150

Actions (login required)

View Item View Item