Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang

Yulinda, Uci (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_UCI_YULINDA_5357_2015.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada aspek keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Permasalahan yang terjadi yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa memiliki keterampilan yang rendah dalam menulis teks cerpen. Hal itu disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide cerita. Kedua, siswa memiliki minat baca yang rendah terhadap karya satra, khususnya teks cerpen. Hal itu dapat dilihat dari sedikitnya siswa yang membaca buku cerita diperpustakaan. Ketiga, rendahnya penguasaan kosakata siswa dalam menulis teks cerpen. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam membaca buku sehingga perbendaharaan kosakata siswa sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Ketiga, hubungan keterampilan membaca pemahaman teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel yang berjumlah 30 siswa dilakukan dengan cara Purposive Random Sampling (teknik sampel bertujuan/sesuai dengan karakteristik penelitian). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif dan unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa, sedangkan unjuk kerja digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis teks cerpen siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptifanalitis sesuai dengan konsep penelitian korelasional. Berdasarkan deskripsi data, analisis data, dan pembahasan mengenai hubungan keterampilan membaca pemahaman teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang dapat disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang tergolong hampir cukup dengan rata-rata 52 yang berada pada rentangan (46-55%). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang tergolong cukup dengan nilai rata-rata 64,44 yang berada pada rentangan (56-65%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang karena thitung<ttabel, yaitu 2,344 < 2,699127 dengan nilai signifikannya 95% dengan derajat kebebasan n-1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18149

Actions (login required)

View Item View Item