Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Padang

Afreza, Tri (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_TRI_AFREZA_5055_2015.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, yaitu 280 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 15% dari populasi, yaitu 42 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman (X) sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis ringkasan (Y) sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data, yaitu menguji tingkat keterampilan membaca pemahamn siswa dan menugasi sampel menulis ringkasan. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t Hasil penelitian ini, sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,33). Kedua, keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (72,02). Ketiga, terdapat hubungan signifikan antara hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang pada taraf signifikan 95% dengan dk=n-1. Berdasarkan uji-t hipotesis diterima karena t hitung> t tabel yaitu 7,52 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan memiliki hubungan pada taraf signifikan 95% yaitu t hitung> t tabel dengan dk=n-1. Dengan kata lain, apabila keterampilan membaca pemahaman siswa baik, keterampilan menulis ringkasan siswa akan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item View Item