Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi

Handayani, Tiya (2015) Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_TIYA_HANDAYANI_1105856_4711_2015.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Ketiga, mendeskripsikan besarnya kontribusi peguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Data penelitian ini adalah skor penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Data dianalisis dengan rumus ratarata hitung, uji normalitas, uji linearitas, uji-t, dan rumus persentase. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi baik (83,43). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup (71,14). Ketiga, hasil pengujian hipotesis tersebut, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi pada taraf signifikan t 0,05 dengan derajat kebebasan n-1 (40-1 = 39). Dengan demikian H0 di tolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,72 > 1,68. Berdasarkan simpulan penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat kontribusi antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi yaitu sebesar 15,99%, sedangkan sisanya 84,01% merupakan sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18147

Actions (login required)

View Item View Item