Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Sosial dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Padang

Suwita, Suwita (2015) Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Sosial dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SUWITA_4986_2015.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata bidang sosial siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan penguasaan kosakata bidang sosial dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Terdapat dua data yang akan diolah. Pertama, data penguasaan kosakata bidang sosial siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 244 orang dan tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 49 siswa diambil dengan menggunakan teknik sampel acak (proporsional random sampling). Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata bidang sosial sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis narasi ekspositoris. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang sosial siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (77,73). Kedua, keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (80,22). Ketiga, terdapat hubungan antara penguasaan kosakata bidang sosial dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan kata lain, penguasaan kosakata bidang sosial dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18143

Actions (login required)

View Item View Item