Kontribusi Penguasaan Unsur Instrinsik terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang

Utari, Sumi Gustia (2015) Kontribusi Penguasaan Unsur Instrinsik terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SUMI_GUSTIA_UTARI_1105865_4625_2015.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat faktor berikut. Pertama, kurangnya minat siswa dalam membaca sastra. Kedua, siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide atau isi pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Ketiga, siswa masih kesulitan menggambarkan tema, alur, latar, sudut pandang dan penokohan. Keempat, penggunaan kalimat efektif yang tidak tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi tentang hal berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan unsur instrinsik siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis ceritra pendek siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan besarnya kontribusi penguasaan unsur instrinsik terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan rancangan (desain) korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, yaitu berjumlah 285 orang dan tersebar dalam sembilan kelas. Sampel diambil menggunakan teknik persentase acak, yaitu 20% dari populasi sehingga sampel penelitian ini berjumlah 57 orang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu penguasaan unsur instrinsik sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis cerita pendek sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan unsur instrinsik yang terdiri atas 42 butir soal dan skor hasil tes keterampilan menulis cerita pendek. Instrumen penelitian ini menggunakan dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, penguasaan unsur instrinsik siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 69,76. Kedua, keterampilan menulis cerita pendek siswa XI SMK Negeri 2 Padang Panjang secara umum berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai ratarata 72,15. Ketiga, besarnya kontribusi penguasaan unsur instrinsik terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang Panjang yaitu 32,49%, sedangkan sisanya 67,51% merupakan sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan unsur instrinsik berkontribusi terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Melalui bahasa tulis, yaitu dengan menulis cerita pendek siswa dapat memperlihatkan penguasaannya mengenai unsur pembangun cerita pendek, yaitu unsur instrinsik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18142

Actions (login required)

View Item View Item