Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Padang

Henola, Suharti (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SUHARTI_HENOLA_96406_874_2015.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk hal berikut. (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang berdasarkan ide pokok paragraf dan menjawab pertanyaan, (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis ringkasan siswa SMP Negeri 17 Padang berdasarkan kesesuaian ide pokok paragraf, panjang ringkasan, dan kohesi, dan (3) mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan desainnya korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 196 siswa terbagi atas 6 kelas. Sampel penelitan ini berjumlah 32 orang dari 196 orang populasi yang diambil secara acak. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor keterampilan membaca pemahaman dan skor menulis ringkasan. Tes pertama berupa soal objektif dengan jumlah soal 30 butir soal, yang sesuai dengan indikator. Tes kedua tes unjuk kerja yaitu tes menulis ringkasan. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara statistik menggunakan rumus product moment. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (66,31). Kedua, keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang berada pada kualifikasi cukup (64,58). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan (berarti) antara keterampilan membaca pemahaman siswa dan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 yaitu yang diperoleh 5,62 dan = 1,70 dalam arti lebih besar dari yaitu 5,62 > 1,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item