Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang

Rahmadani, Suci (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SUCI_RAHMADANI_1200918_4554_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, 2) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, 3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang yang terdaftar tahun 2015/2016 dengan jumlah 257 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata nilai 71,01. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,51. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh nilai ttabel<thitung (1,70<5,43). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, ttabel<thitung (1,70<5,43). Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item View Item