“Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman

Sri Wahyuni, Sri Wahyuni (2015) “Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SRI_WAHYUNI_1105836_3585_2015.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 218 orang dan tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampel sebanyak 35 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman dan skor tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (73,21). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (78,73). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 0,95, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,94>1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item