Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok

Ramayani, Sri (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SRI_RAMAYANI_1205222_3994_2016.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmenganalisis pengaruh penggunaan teknik tiru model terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Rancangan penelitian ini adalah one group pretestposttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 174 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 dengan jumlah 23 orang. Variabel penelitian ini keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok sebelum menggunakan teknik Tiru Model dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok setelah menggunakan teknik tiru model. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok sebelum menggunakan teknik tiru model dan skor hasil tes keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok setelah menggunakan teknik tiru model. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan menulis puisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok sebelum menggunakan teknik tiru model berada pada kualifikasi Cukup ( C ) dengan rata-rata 64,98. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok sesudah menggunakan teknik tiru model berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,37. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n– 1) karena thitung > ttabel (7,52 > 1,71). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Soloksesudah menggunakan teknik tiru model lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik tiru model. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung > ttabel yaitu 7,52 > 1,71. Dengan kata lain, teknik tiru model berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item