Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Lembah Gumanti

Yasni, Sofi Zulmai (2015) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SOFI_ZULMAI_YASNI_2819_2015.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memahami teks cerpen, keterampilan menulis teks cerpen, dan menganalisis hubungan keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lembah Gumanti yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 32 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis instrumen, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengetahui keterampilan memahanmi teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah sebagai berikut. Pertama, memeriksa hasil tes objektif keterampilan memahami teks cerpen siswa dan memberi skor. Kedua, memeriksa hasil tulisan siswa sesuai dengan aspek yang dinilai yaitu unsurunsur pembangun cerpen. Ketiga, skor yang diperoleh oleh siswa pada masing-masing tes diolah menjadi nilai. Keempat, mencari rata-rata hitung hasil tes siswa. Kelima, mengklasifikasikan hasil tes siswa. Keenam, menyajikan histogram dari masing-masing tes secara keseluruhan. Ketujuh, mengkorelasikan kedua variabel. Kedelapan, melakukan pengujian hipotesis. Kesembilan, menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil deskripsi data, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan memahami teks cerpen berada pada kualifikasi baik (81,24) pada rentangan 76-85%. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen berada pada kualifikasi lebih dari cukup (67,57) pada rentangan 66-75%.. Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lembah gumanti. Hubungan antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lembah Gumanti adalah 0,83 dengan thitung > ttabel (815 > 1,70). Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen, dan besarnya hubungan kedua variabel tersebut adalah 0,83. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diajukan saran sebagai berikut. Pertama, siswa hendaknya dapat melatih diri agar lebih menguasai pemahaman tentang teks cerpen dengan cara rajin membaca. Kedua, siswa agar dapat meningkatkan lagi keterampilan menulis teks cerpen dengan cara rajin berlatih menulis teks cerpen. Ketiga, guru bahasa Indonesia SMP Negeri 6 Lembah Gumanti agar dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif kepada siswa untuk memahami teks cerpen dan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item