Korelasi Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi

Yani, Siti Rahma (2015) Korelasi Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SITI_RAHMA_YANI_1100852_5247_2015.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi yang disebabkan oleh beberapa masalah seperti, siswa mengetahui struktur teks deskripsi, namun tidak terampil mengaplikasikannya dalam menulis teks deskripsi, kurangnya pengetahuan siswa mengenai unsur kebahasaan teks deskripsi, siswa masih kurang terampil dalam menggambarkan/memaparkan sesuatu objek sesuai yang diharapkan dalam teks deskripsi, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan penulisan ejaan, kalimat yang digunakan siswa dalam teks deskripsi umumnya tidak efektif dan banyak kata atau kalimat yang penggunaannya diulang-ulang. Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor tes objektif keterampilan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi dan skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi dengan sampel berjumlah 41 orang. Teknik penarikan sampel adalah sampling random sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,48). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup (74,25). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca kritis dan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Berdasarkan simpulan penelitian, korelasi dalam penelitian ini adalah korelasi positif karena hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi keterampilan membaca kritis siswa maka keterampilan menulis teks deskripsi siswa juga akan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:13
Last Modified: 08 Oct 2018 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18136

Actions (login required)

View Item View Item