Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok

Nobersirtra, Silva (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SILVA_NOBERSIRTRA_687_2015.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Kedua, keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Ketiga, hasil analisis hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis rangkuman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok berjumlah 350 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang, diambil dengan teknik propotional random sampling. Instrumen penelitian adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis rangkuman sebagai variabel terikat (Y). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok berupa tes objektif dan skor hasil tes keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok berupa tes unjuk kerja. Hasil tes tersebut dihubungkan dengan menggunakan rumus produc moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan variabel X dengan variabel Y. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, rata-rata keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok berada pada kualifikasi lebih dari cukup (74,45). Kedua, rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok berada pada kualifikasi lebih dari cukup (71,33). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok, yaitu nilai thitung (12,62) lebih besar dari ttabel (1,70) pada derajat kebebasan n-1 (29) dan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok pada kebebasan n-1 (29) dan taraf signifikan 95%. Nilai thitung yang diperoleh sebesar 12,62. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar darittabel, yaitu 12,62 > 1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa, maka semakin baik pula keterampilan menulis rangkuman siswa. Sebaliknya, jika keterampilan membaca pemahaman siswa rendah maka siswa akan kesulitan dalam menulis rangkuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item