Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang

Gunawan, Sandi (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SANDI_GUNAWAN_53255_5507_2015.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang sebelum diberi perlakuan menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang setelah diberi perlakuan menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inkuiri berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini satu kelas diberikan tes di awal (pretest) kemudian diberi perlakuan dan diberi tes akhir (postest) disebut juga dengan (one group pretestpostest design). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik bertujuan (purposive sampling). Tes yang digunakan adalh tes unjuk kerja, untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah hasil tulisan pretest dan postest keterampilan menulis narasi tanpa diberi perlakuan dan diberi perlakuan menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang sebelum diberi perlakuan menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 74,44. Kedua, keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang sesudah diberi perlakuan menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 87,22. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 ) – 2 = (30+30)-2= 58, di dapat ttabel 1,67 dan thitung 5,21. jadi (thitung 5,21 > ttabel 1,67). Dengan demikian meode inkuiri berbantuan media gambar layak dipertimbangkan sebagai salah metode dalam pembelajaran menulis narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18130

Actions (login required)

View Item View Item