Pengaruh Teknik Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Harahap, Sahniar (2016) Pengaruh Teknik Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SAHNIAR_HARAHAP_1105900_2861_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh teknik TTW terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan ialah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini merupakan eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini siswa kelas SMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 255 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel data dan variabel dalam penelitian ini kelas X-5 yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum menggunakan teknik TTW siswa kelas SMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) (69,45). Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi sesudah menggunakan teknik TTW siswa kelas SMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi Baik (B) (78,52). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dari teknik TTW terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas SMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu terbukti dari hasil uji-t bahwa ttabel<thitungl (1,70<3,06). Dengan kata lain, teknik TTW dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dan pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas SMA Negeri 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18129

Actions (login required)

View Item View Item