Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Novriandi, Rudi (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RUDI_NOVRIANDI_1105884_4032_2015.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, siswa kesulitan menuangkan ide yang ada dalam pikirannya dalam bentuk tulisan teks eksposisi. Kedua, siswa belum semua mampu menulis teks eksposisi dengan struktur teks eksposisi yang lengkap dan berurutan. Ketiga, siswa belum semua mampu menulis teks eksposisi sesuai dengan ciri kebahasaan teks eksposisi. Keempat, kemampuan siswa menulis teks eksposisi masih rendah hal ini terlihat dari nilai menulis teks eksposisi yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan prates dan pascates dengan pemilahan kelompok yang diacak. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai variabel pertama (X1) dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai variabel kedua (X2). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang kelas kontrol dan 30 orang kelas eksperimen yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling karena sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini hanya terdiri atas dua kelompok subjek. Data dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dari hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Selanjutnya, hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VII SMP 12 Padang diperoleh thitung > ttabel (4,06>1,70). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berkualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,77. Ketiga, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik digunakan daripada tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18128

Actions (login required)

View Item View Item