Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman

Saputri, Rosi Arnis (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ROSI_ARNIS_SAPUTRI_1205178_4252_2016.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, 2) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, 3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS, terhadap tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman yang terdaftar tahun 2015/2016 dengan jumlah 238 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 34 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 74,51. Kedua, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 81,86. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh ttabel < thitung (1,70<9,19). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, ttabel < thitung (1,70<9,19). Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item View Item